Apa saja Manfaat Facebook Pixel?

Facebook Pixel membantu mengukur efektivitas iklan dengan memahami aktivitas pengunjung website.
Fauzan Suryo Wibowo

Sebagai perusahan teknologi raksasa yang memiliki hampir 3 miliar pengguna aktif, Facebook memiliki fitur-fitur yang kian memudahkan penggunanya, terutama dalam beriklan. Popularitasnya yang terus meningkat, membuat Facebook menarik bagi para pemasar dan pengiklan. Faktanya, 93% pemasar yang disurvei menggunakan platform Facebook untuk mempromosikan bisnis mereka.

Tetapi biaya untuk beriklan di Facebook terus meningkat. Pada tahun 2021, cost per mille (CPM) naik 61% dibandingkan tahun sebelumnya. Dengan harga iklan yang meningkat dan persaingan yang tetap tinggi, penting untuk membuat setiap iklan berharga. Di situlah Facebook Pixel berperan penting.

facebook pixel pengertian manfaat

Facebook Pixel memberikan informasi penting tentang kampanye iklan Facebook Anda. Hal ini memberi Anda wawasan tentang tindakan yang dilakukan orang di situs web Anda setelah mereka mengeklik iklan. Ini juga membantu Anda memahami bagaimana pengguna Facebook berinteraksi dengan iklan Anda. Bagian terbaiknya adalah Facebook Pixel mudah disiapkan—dan juga gratis!

Jika kalian ingin tahu lebih jauh tentang Facebook Pixel, yuk simak artikel ini hingga akhir ya!

Pengertian Facebook Pixel

Facebook Pixel adalah sebuah kode yang ditempatkan pada website Anda. Kode ini dapat mengumpulkan data yang akan membantu mengukur efektivitas iklan dengan memahami aktivitas pengunjung website. 

Setelah diterapkan pada website Anda, Facebook Pixel memungkinkan untuk:

  • Memahami bagaimana iklan Facebook memengaruhi konversi.
  • Mengoptimalkan penayangan iklan sehingga Anda dapat menargetkan audiens yang paling cocok
  • Memasarkan ulang (retargeting) kepada orang-orang yang pernah mengunjungi situs Anda.
  • Membangun lookalike audience Facebook (misalkan gunakan data kinerja untuk membuat audiens dari orang-orang yang kemungkinan besar merespons iklan Anda).
  • Menyempurnakan dan mengoptimalkan strategi pemasaran Facebook Anda.

Manfaat Menggunakan Facebook Pixel

Marketer menggunakan Facebook Pixel untuk meningkatkan penargetan iklan Facebook mereka dan mengoptimalkan strategi periklanan Facebook mereka. Pixel memungkinkan Anda menyempurnakan iklan menggunakan kriteria seperti (namun tidak terbatas pada) lokasi pengguna, demografi, interest, dan behaviors.

Melakukan Retargeting

Retargeting atau penargetan ulang adalah cara yang bagus untuk terhubung kembali dengan pelanggan yang pernah mengunjungi website Anda. Metode ini memungkinkan Facebook menampilkan iklan kepada pelanggan berdasarkan cara mereka berinteraksi dengan situs web Anda. 

Misalnya: ada pengguna yang sudah memasukkan barang baju ke dalam keranjang mereka tapi tidak melakukan transaksi, maka kamu bisa melakukan retargeting iklan baju kepada pengguna tersebut. Saat kembali ke Facebook, mereka melihat iklan yang menampilkan rumah burung biru di linimasa mereka. Dengan senang hati, mereka kembali ke situs web Anda dan membeli baju. Facebook Pixel berfungsi untuk mengetahui dan melacak semua peristiwa pengguna dalam website, sehingga retargeting pun dapat lebih spesifik dan optimal.

Optimasi Hasil Konversi

Data dari Facebook Pixel membantu Anda mengoptimalkan kinerja iklan dan kampanye. Pixel mengumpulkan data yang menunjukkan metrik kinerja iklan utama, seperti komentar, bagikan, dan klik. Dengan informasi ini, Anda dapat:
  • Menjeda iklan dan kampanye yang berkinerja kurang optimal
  • Mengoptimalkan pesan iklan
  • Mengalihkan anggaran iklan Anda ke audiens yang berkinerja terbaik
Misalnya: Anda menganalisis rasio click through rate (CTR) dari tiga iklan dan menemukan sesuatu hal. Pengguna terlibat 20% lebih sering dengan iklan yang menampilkan promo gratis ongkir dibanding diskon sekian persen. Kemudian Anda menjeda iklan diskon sekian persen dan memperbarui materi iklan Anda untuk menyertakan foto produk yang menampilkan gambar produk dengan gratis ongkir.

Menjangkau Audiens Baru

Anda dapat membuat lookalike audiences menggunakan data dari audiens yang paling terbaik. Lookalike Audience (audiens serupa) adalah pengguna Facebook yang berbagi karakteristik dengan pelanggan terbaik Anda.

Data yang didapat dari cookies website berupa interaksi pengunjung, seperti melakukan pembelian, pendaftaran akun, berlangganan email bisa membantu kamu mengetahui siapa dan apa yang dilakukan oleh pengguna. Hal ini bisa memudahkan kamu dałam mengumpulkan audiens sejenis dan membuat strategi untuk audiens yang berpotensi.

Misal: Saat lebaran, Anda ingin menjangkau orang-orang yang menjalin tali silaturahmi dengan saudara mereka. Ingat semua orang yang membeli parcel/hampers? Anda dapat menggunakan data mereka untuk membuat pemirsa serupa, lalu menampilkan iklan pemirsa tersebut untuk berbagai macam kue kekinian.

Komentar