Content Pillar adalah Kunci Keberhasilan Kontenmu. Kok bisa?

Content pillar adalah kunci untuk meningkatkan traffic website. Panduan ini akan membantu Anda membangun strategi content pillar.
Fauzan Suryo Wibowo

Membuat konten bukanlah hal yang mudah, apalagi jika dituntut membuat tiap hari dengan topik konten yang berbeda-beda. Sering kali ada hal lain yang perlu dipikirkan, seperti waktu optimal, platform yang tepat, dan lain-lain. Namun, dengan mengidentifikasi dan menggunakan content pillar dapat membantu Anda dalam membuat konten lebih mudah.

Pengertian Content Pillar



Sebelum menggunakan content pillar untuk mempermudah dalam pembuatan konten, kita perlu memahami dulu pengertiannya. Apa sih content pillar itu?

Ibarat sebuah rumah, content pillar menjadi pondasi dari keseluruhan strategi konten. Biasanya, content pillar mencakup 3-5 topik atau tema besar dari brandmu dalam membuat kontennya. Dalam content pillar juga berisi kumpulan ide-ide menarik yang ditentukan  untuk membuat konten selama waktu tertentu, seperti satu minggu, hingga satu bulan ke depan. 

Pembuatan content pillar juga mempermudah dalam penentuan dan pengukuran target audiens sesuai dengan bisnis yang dimiliki. Penyesuaian ciri khas atau identitas dari produk atau jasa yang dimiliki juga diperlukan saat membuat content pillar.


Fungsi Content Pillar

Content pillar memiliki fungsi yang penting dalam perkembangan bisnis dengan membuat konten yang terstruktur dan terorganisir dengan baik. Fungsi dari content pillar itu sendiri bisa memperlihatkan seberapa penting perannya dalam suatu bisnis. Berikut fungsi dari content pillar yang perlu kamu ketahui:

  • Content pillar seringkali dapat menjadi jawaban bagi permasalahan yang sedang terjadi ketika pembuatan konten dilakukan
  • Content pillar berfungsi untuk mengetahui konten seperti apa yang sedang diminati oleh banyak orang serta memperkirakan berapa lama konten yang telah dibuat itu akan bertahan, dan memikirkan konten-konten yang akan meningkat viewnya di waktu tertentu
  • Content pillar juga berfungsi sebagai wadah untuk menaikkan pemasaran secara efektif dengan biaya seminimal mungkin, bahkan bisa tanpa biaya apapun
  • Content pillar dapat menaikkan tingkat pencarian website kita pada search engine
  • Content pillar akan membuat konten yang lebih mudah dipahami serta menarik bagi orang yang melihat dan membaca. Ini karena content pillar membuat suatu konten bisa lebih terstruktur. Konten-konten yang telah dibuat sudah melewati proses pemikiran yang matang, sehingga telah menyesuaikan dengan apa yang sedang dicari serta mudah dipahami oleh banyak orang.
Dari fungsi-fungsi di atas, sudah jelas bukan, betapa pentingnya peran content pillar dalam sebuah bisnis. Oleh karena itu, sudah menjadi langkah yang tepat apabila kamu mulai membuat content pillar dalam menyusun konten untuk membuat bisnis kamu lebih berkembang melalui media sosial.

Jenis-Jenis Content Pillar

Content pillar menurut contentmarketing.io ada 4 jenis, yaitu:

Promotional

Promotional content (konten promosi) ditunjukkan agar audience tertarik untuk melakukan pembelian terhadap produk atau layanan bisnis kita. Kita harus bisa membuat konten seunik dan sekreatif mungkin agar menarik perhatian audiens kita. Kita juga dapat menggunakan promotional content untuk menunjukkan USP (unique selling point) atau kelebihan unik yang ditawarkan produk kita dibandingkan produk kompetitor kita.
lenovo thinkpad x1 nano indonesia

Contoh dari promotional content di atas adalah milik Lenovo Indonesia, salah satu perusahaan teknologi yang menawarkan berbagai produk gadget seperti laptop. Dalam konten tersebut, mereka mengclaim bahwa produk laptop Thinkpad X1 Nano adalah laptop teringan dengan berat hanya 969 gram, cocok untuk menemani perjalanan bisnis Anda. 
Lenovo juga menyebutkan fitur-fitur unggulan lainnya yang dimiliki produk tersebut, seperti 2K Dolby Vision dengan Touchscreen, ThinkShield Security dengan Biometric AI, serta Premier Support selama 3 tahun.

Entertainment

Entertainment content mengharuskan tim media sosial agar bisa memberikan konten yang sekreaktif mungkin, namun tetap menggambarkan identitas brand bisnis. Karena audiens suka membaca atau mendengar cerita-cerita yang menghibur serta inspiratif, diharapkan entertainment content bisa menyajikan konten seperti momen lucu dan meme yang bertujuan agar audiens lebih engage kepada brand.
enola holmes 2 mi rebus telor

Di atas adalah contoh entertainment content yang ada di Instagram Netflix Indonesia. Dalam konten tersebut, Netflix mengambil cuplikan dari Series Enola Holmes 2 dan mengeditnya sehingga menjadi meme lucu. Konten tersebut dibuat untuk menaikkan engagement dan menarik perhatian audiensnya.

Educational

Suatu produk atau layanan harus memiliki nilai tertentu yang dianggap penting atau bernilai bagi audiens. Saat mengeluarkan produk atau layanan, mereka perlu memberikan konten-konten edukasi tentang fitur, manfaat, serta bagaimana produk tersebut dapat menyelesaikan masalah para audiens. Akan lebih baik apabila para pelaku bisnis membuat konten yang bertujuan untuk mengedukasi para pembaca tentang hal-hal bermanfaat, tentunya harus relevan dengan produknya. 
Contohnya BelajarlagiHQ, platform pembelajaran online dengan produk andalannya dengan salah satu programnya yaitu bootcamp SEO. Perusahaan ini membuat konten di Instagram tentang cara optimasi SEO di marketplace untuk mengedukasi audiens yang berpotensi menjadi customernya.
belajarlagihq optimasi seo marketplace

BelajarlagiHQ juga memberikan banyak tips dan trik seputar digital marketing serta membahasnya dalam kasus real, di Instagram juga Twitternya.

Conversational

Dengan membuat content pillar yang solid, suatu bisnis dapat menganalisis customer journey dengan cara membuat konten yang terhubung dengan setiap tahap siklus pembelian produk atau layanan. Hal ini tentunya sangat berguna untuk mencapai KPI (Key Performance Indicator) dan tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya, serta dapat meningkatkan peluang melakukan purchase atau conversion.

Closing Statement

Setelah kamu membaca artikel ini, kamu jadi tahu bahwa content pillar memegang peran penting dalam pembuatan konten untuk mempromosikan sebuat produk atau layanan. Content pillar juga termasuk strategi agar konten bisa konsisten dan relevan dengan target audiensmu serta membuat identitas brandmu yang unik juga mudah dikenali oleh audiens. Nah, sekarang coba untuk membuat content pillar untuk memajukan bisnismu :)
Komentar