Ads 720 x 90

Review Mata Kuliah Semester 2 Teknik Kimia UGM

Pada kesempatan kali ini, saya akan melanjutkan review tentang mata kuliah, yang sebelumnya saya telah menulis review semester 1, jadi kali ini saya akan membahas yang semester 2. Mata kuliah di semester 2 bisa dibilang perkenalan mata kuliah yang keteknikkimiaan, tapi masih awalnya aja kok, kalo ngerasa susah bgt, berarti passion kalian perlu dipahami lagi wkwkw (gak, bercanda doang). 


mata kuliah semester 2 teknik kimia ugm
  • Praktikum Analisis Bahan
Praktikum Analisis Bahan itu tujuannya memperkenalkan dunia lab, praktikumnya sederhana kok. Sebenarnya praktikum itu enak, cuman laporannya aja malesin, banyak hehe. Tolong jangan jadi deadliner, berat, kamu gak akan kuat. Kalau di angkatanku sih mata praktikumnya ada 8, yaitu: 
  1. Pengukuran suhu dan kenaikan titik didih larutan.
  2. Peneraan alat ukur laju alir fluida.
  3. Pengukuran rapat massa dan konduktansi.
  4. Modulus patah dan kuat desak bahan padat.
  5. Pengukuran tegangan muka dan viskositas zat cair.
  6. Analisis volumetri.
  7. Analisis gravimetri.
  8. Spektofotometri.
Tips: Jangan pernah ngeremehin, ntar bisa inhall. Oh iya, inhall itu pelanggaran gitu. Bisa inhall waktu soalnya praktikummu melebihi dari waktu yang ditentukan, bisa inhall alat soalnya kamu mecahin alat, bisa inhall prosedur soalnya kamu salah ngelakuin prosedur, dan lain-lain. Kalo nulis praktikum, bisa dicicil ngapalin + mahamin, biar ga pusing belajar responsinya.
Modul Praktikum Analisis Bahan 2019 Teknik Kimia UGM
Modul Praktikum Analisis Bahan 2019, Teknik Kimia UGM

  • Kimia Fisis
Kimia fisis itu mata kuliah yang mempelajari fenomena proses kimia berdasarkan konsep-konsep fisika. Kimia fisis bisa dipecah jadi dua bagian, yaitu Termodinamika dan Kinetika. Kalo termodinamika ya ntar belajar entalpi, entropi, proses isobarik isokhorik isotermal adiabatik dkk. Kalau kinetika ya belajar laju reaksi, kesetimbangan kimia, adsorbsi, dkk. Kalau aku sih cukup belajar dari ppt dosen, tapi sering juga sih buka Atkins.
Physical Chemistry. Atkins.
Physical Chemistry. Atkins.
  • Bahan Konstruksi Teknik Kimia
Mata kuliah ini mempelajari tentang struktur kristal, sifat mekanik bahan, kegagalan pada sifat material bahan, diagram fasa, diagram TTT (Time-Temperature-Transformation), heat treatment, macam-macam korosi dan penyebabnya, dkk. Materinya menurutku agak susah dilogika, jadi perlu usaha lebih buat paham, tapi seru. Kalau aku sih ngga cukup dari diktat dosen, aku baca-baca dari Callister, lebih lengkap + ada warnanya hehe.
Materials Science and Engineering. Callister.
Materials Science and Engineering. Callister.
  • Proses Industri Kimia
Mata kuliah ini yang membuat aku terlihat menjadi anak teknik kimia banget soalnya pelajar proses dari suatu industri kimia. Mulai dari pembuatan amonia dengan proses Haber-Bosch, pembuatan asam sulfat dengan proses kontak, pembuatan natrium hidroksida dengan sel elektrolisis, serta faktor-faktor yang memengaruhi prosesnya dan perhitungannya. Tekun aja ngehafalin prosesnya, soalnya banyak banget wkwk. Jangan lupa dipahami juga, bayangin kamu seorang process engineer. Cukup belajar dari ppt dosen aja, soalnya kalo dari ebook, kamu bakal kesusahan, materi industri kimia luas banget :)

  • Termodinamika Teknik Kimia I
Kalau di kimia fisika belajar termodinamika secara ringkas, maka di matkul ini belajar lebih detail, tapi masih makroskopis. Termodinamika itu belajar gimana sih caranya merubah/mengonversi energi panas (termal) ke energi. Termodinamika juga belajar entalpi, entropi, proses-prosesnya (isobarik, isokhorik, isotermal, adiabatis), tapi biasanya rumusnya diturunin, ngga asal jadi kayak di kimia fisika. Ada 'kitab' sakti yang harus dibaca kalau mau paham Termodinamika, yaitu Van Ness.
Introduction to Chemical Engineering Thermodynamics. Smith Van Ness.
Introduction to Chemical Engineering Thermodynamics. Smith Van Ness.


  • Teknik Tenaga Listrik
Secara keseluruhan sih mempelajari tentang listrik satu fase, listrik tiga fase, safety yang perlu ada di rangkaian arus listrik, jenis pembangkit tenaga listrik, perhitungannya, dkk. Matkulnya termasuk mudah, dibanding matkul-matkul yang ada di atas ini wkwk.
  • Elemen Mesin dan Gambar Teknik
Gamtek ini memelajari tentang cara menggambar, macam-macam proyeksi, garis dan huruf dalam gambar, cara memberi ukuran, potongan, toleransi ukuran, sambungan dan las, serta penyederhanaan gambar. Matkul ini merupakan salah satu momok buat maba teknik. Kenapa? Entah mungkin karena matkulnya gaada hubungannya sama tekkim, terus nilainya yang cenderung random.
  • Konsep Keteknikan untuk Peradaban
Matkul ini entah intinya apa, yang aku paham sih cara agar kita menjadi engineer yang baik. Isinya hafalan semua sih. Tergantung kalian dapet kelas di mana. Kalau di kelasku, penuh hafalan. Kalau di kelas lain, ada yang presentasi, nah materi ujiannya dari presentasi itu.


Sekian dan terima kasih.
Newest Older

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter