Ads 720 x 90

Soal dan Pembahasan UTS Ekonomi Teknik 2018/2019

Pada kesempatan kali ini, saya akan membagikan soal dan pembahasan UTS Ganjil Ekonomi Teknik tahun 2018/2019. Semoga bermanfaat.

1. Untuk menjamin penyaluran salah satu sumber crude oil dari Saudi Arabia, Pertamina ingin melakukan deposit modal/uang ke sebuah Bank Nasional saat ini. Diproyeksikan biaya bahan baku crude oil pada tahun pertama hingga kelima sebesar $100.000 per tahun dengan tingkat interest 10% per tahun. Apabila dikarenakan pengaruh kondisi ekonomi global, diperkirakan pengeluaran biaya bahan baku tersebut akan meningkat menjadi $160.000 per tahun untuk tahun ke-6 hingga ke-8 dengan tingkat interest yang berbeda pula yaitu 15% per tahun. Gambarkan diagram cashflow dari kondisi tersebut! Hitunglah jumlah uang yang harus disetorkan Direktur Keuangan Pertamina ke Bank tersebut hari ini!

Penyelesaian:
Untuk menjamin penyaluran salah satu sumber crude oil dari Saudi Arabia, Pertamina ingin melakukan deposit modal/uang ke sebuah Bank Nasional saat ini.
Jadi, jumlah uang yang harus disetorkan oleh Direktur Keuangan Pertamina ke Bank adalah sebesar $605.911,1826

2. Bu Nancy meminjam uang di koperasi sebesar Rp20.000.000 untuk keperluan biaya sekolah putranya. Ia mengembalikan pinjaman tersebut setiap bulan sebesar Rp510.000 selama 50 bulan. Pembayaran angsuran dilakukan pada tiap-tiap akhir bulan dimulai dari 30 hari setelah Bu Nancy menerima pinjaman tersebut. Hitunglah besarnya suku bunga nominal tahunan (nominal annual interest rate) dan bunga efektif pinjaman tersebut.

Penyelesaian:
Bu Nancy meminjam uang di koperasi sebesar Rp20.000.000 untuk keperluan biaya sekolah putranya. Ia mengembalikan pinjaman tersebut setiap bulan sebesar Rp510.000 selama 50 bulan.

3. Pasangan keluarga muda akan merencanakan untuk membangun rumah tempat tinggal yang akan dibangun secara bertahap. Pada tahun pertama, pelaksanaan pembangunan rumah tersebut menghabiskan biaya sebesar Rp275.000.000 dihitung pada akhir tahun pertama. Rumah akan diselesaikan dengan sempurna dengan waktu pembangunan selama 5 tahun. Dana untuk meneruskan pembangunan pada tahun ke-2 turun Rp25.000.000 dari dana pembangunan tahun pertama, sehingga pembangunan pada tahun ke-2 sebesar Rp250.000.000 dan seterusnya. Demikian juga dana untuk pembangunan di tahun-tahun berikutnya turun sebesar Rp25.000.000 setiap tahun. Jika suku bank 5% per tahun, berapakah harga/nilai rumah tersebut di awal tahun pertama?

Penyelesaian:
Pasangan keluarga muda akan merencanakan untuk membangun rumah tempat tinggal yang akan dibangun secara bertahap.


4. Untuk menjamin ketersediaan BBM di wilayah pesisir, Pertamina berencana untuk membeli kapal kecil pengangkut bahan tersebut. Berdasarkan data penawaran yang masuk, terdapat 2 jenis kapal yaitu berbahan bakar solar dan bensin dengan informasi ringkas sebagai berikut:
Umur kapal berbahan bakar solar diperkirakan selama 3 tahun sedangkan kapal berbahan bakar bensin selama 4 tahun. Kedua jenis kapal tersebut harus dapat menempuh jarak 50.000 km per tahun untuk tugas distribusi BBM. Jika interest rate sebesar 8% per tahun, tentukan jenis kapal yang sebaiknya dibeli oleh Pertamina!

Umur kapal berbahan bakar solar diperkirakan selama 3 tahun sedangkan kapal berbahan bakar bensin selama 4 tahun. Kedua jenis kapal tersebut harus dapat menempuh jarak 50.000 km per tahun untuk tugas distribusi BBM. Jika interest rate sebesar 8% per tahun, tentukan jenis kapal yang sebaiknya dibeli oleh Pertamina!

Penyelesaian:
(menyusul)

Sekian dari saya, apabila ada kekurangan, mohon disampaikan di komentar, terima kasih.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter