Ads 720 x 90

Pengalaman Ketika Bekerja Sebagai Process Engineer.

Saya akan membagikan beberapa pengalaman saya ketika mulai bekerja sebagai Process Engineer. Beberapa dari pengalaman Saya ini mungkin oke saja untuk Anda ikuti, sementara yang lain mungkin tidak. Silahkan nilai dan koreksi sendiri.
1. Kenali semua orang sesegera mungkin. 
kenali semua orang sesegera mungkin
Sumber: themuse.com

Ketika saya pertama kali menjadi Process Engineer, saya memastikan bahwa saya tahu semua Engineer, Foreman, teknisi, operator pabrik sesegera mungkin. Mengapa? Itu karena saya akan berurusan dengan mereka sepanjang waktu dan sepanjang pekerjaan saya sehari-hari. Setidaknya Anda tahu nama mereka. Ini akan memudahkan dan menciptakan hubungan yang baik dengan mereka. Namun, jangan terlalu dekat dengan bawahan Anda. Ada alasan untuk ini yang akan saya bahas di lain waktu.
2. Kenali proses pabrik Anda. 
kenali proses pabrik industri
Sumber: processingmagazine.com

Ini sangat penting karena Anda seorang Process Engineer dan Anda perlu mengetahui detail proses di pabrik Anda. Pertama, Anda perlu mendapatkan diagram P&ID pabrik Anda. Identifikasi dan pelajari jalur, pompa, valve, Heat Exchanger, tangki, dan unit penting lainnya dalam diagram P&ID. Kemudian, pergi ke lapangan dan lacak line tersebut dan bandingkan dengan diagram P&ID. Jika sulit bagi Anda untuk melacak line (pipa), mintalah foreman atau operator lapangan untuk membantu dan membimbing Anda. Pekerjaan itu akan lebih mudah jika Anda tahu orang yang tepat untuk membantu Anda. Suatu saat, Anda diminta untuk melacak setiap valve di plant. Untuk melakukan itu, Anda tidak hanya perlu melacak line tetapi juga mengidentifikasi semua jenis valve di plant. Pada dasarnya ada ratusan valve yang di instal di pabrik. Itu sulit tetapi setelah latihan, Anda bisa melacak line, memproses dan mengetahui semua jenis valve.
3. Pelajari semuanya secepat mungkin. 
pelajari semuanya secepat mungkin
Sumber: thelocal.de

Ini sangat penting dan terlalu banyak untuk dijabarkan. Anda harus dapat mengambil semua yang Anda pelajari dari manajer Anda dan Engineer lainnya. Jangan malu untuk bertanya dari foreman, operator, teknisi, dan lainnya. Mereka memiliki keterampilan dan pengetahuan yang tidak Anda miliki saat pertama kali memasuki pabrik. Belajarlah dari semuanya. Integrasikan apa yang mereka ketahui dengan apa yang telah Anda pelajari selama kuliah. Buat dan kelola buku catatan untuk mencatat semua yang penting. Hindari mengingat karena Anda mungkin lupa. Cara belajar lain adalah dengan bertanya kepada suplier atau vendor. Mereka adalah ahli dari produk atau service yang mereka jual. Karena itu, jangan malu untuk meminta dari mereka. Mereka akan memberikan informasi teknis yang penting bagi Anda. Saya sudah sering melakukan ini dan saya menghargai penjelasan dari mereka. Beberapa kali, suplier / vendor akan menawarkan in-house training untuk Anda dan kolega Anda. Pada akhirnya, jika Anda dapat melakukan tugas Anda sebagai Process Engineer dengan lancar, efektif dan efisien, Anda akan mendapatkan penilaian yang baik dari bos Anda ...
Untuk menjadi seorang Process Engineer, Anda harus dapat mempersiapkan dan menghasilkan laporan untuk disampaikan kepada atasan Anda. Memahami laporan dan menyiapkannya sangat penting. Biasanya, Anda memiliki berbagai jenis laporan untuk dipersiapkan seperti laporan harian, laporan bulanan, laporan penetapan biaya, laporan hasil rapat, dan lainnya. Jadi, pastikan Anda menyiapkan laporan dengan baik.
4. Pahami politik di tempat kerja Anda. 
pahami politik di tempat anda kerja
Sumber: axerosolutions.com

Ini sangat penting! Anda perlu tahu bagaimana keadaan di plant Anda. Ini sangat subyektif dan tidak terpikirkan dalam buku teks teknik kimia mana pun. Anda perlu mendapatkan informasi dan pengetahuan dari berbagai orang di organisasi Anda. Itu sebabnya poin #1 (di atas) sangat penting. Beberapa perusahaan memiliki budaya yang akan menyalahkan orang lain atas kesalahan yang terjadi dan ini tidak sehat. Beberapa budaya di tempat lain adalah profesional dan akan menerima tanggung jawab atas masalah apa pun.
5. Berkomunikasi dengan benar. 
berkomunikasi dengan benar
Sumber: news.engineering.utoronto.ca

Ini sangat penting sebagai Process Engineer karena Anda akan menerima instruksi dan juga memberikan instruksi kepada operator Anda. Anda harus memiliki keterampilan komunikasi yang baik untuk memastikan semua pesan dan arahan disampaikan dengan benar. Delegasikan pekerjaan Anda ke downline Anda dengan informasi yang jelas. Apa yang Saya praktikkan di pabrik selama ini adalah memiliki buku catatan instruksi. Setiap shift harus merujuk dan menandatangani buku untuk mengetahui bahwa mereka membaca instruksi. Jika mereka memiliki masalah dalam memahami instruksi, mereka harus menghubungi Saya untuk klarifikasi lebih lanjut. Kegagalan untuk menerima dan memberikan instruksi yang benar akan menyebabkan kesalahan besar yang akan membuat hidup Anda sengsara di tahap selanjutnya. Jadi, tolong pastikan Anda berkomunikasi dengan benar.
Kesimpulan
Itu hanya 5 tips untuk saya bagikan untuk sementara waktu. Saya tidak pernah meminta tips kepada siapa pun. Saya pikir mereka sendiri dan saya kompilasi (di posting ini) untuk kepentingan Fresh Process Engineer. Saya senang bahwa saya berhasil mengenal semua orang dan belajar banyak hal dengan cepat. Menjadi Engineer yang sukses sangat penting untuk pengembangan karir Anda. Pada tahap selanjutnya, Anda akan dipromosikan sebagai Senior Engineer sebelum menjadi manajer. Jika Anda beruntung, seseorang (Head Hunter) akan mencari Anda karena mereka tahu Anda adalah seorang Engineer dengan kaliber yang sangat baik dan menawarkan salary yang lebih baik kepada Anda.

Penulis: Arief Hidayat.
Newest Older

Related Posts

There is no other posts in this category.

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter