Definisi Satuan Kilogram (Kg) Resmi Berubah

Apa kalian yakin timbangan yang kalian punya menyatakan angka yang benar? Gimana sih cara tau timbangan kita itu akurat? Cara yang paling gampang yakni kalibrasi, yaitu dengan menimbang beban 1 kilogram yang sudah ada kemudian dicek apakah timbangan juga mengatakan angka yang sama. Cara ini juga yang dipakai pabrik timbangan untuk men-setting timbangan baru.

Pertanyaannya, bagaimana kita tau beban yang kita gunakan tadi beratnya sempurna 1 kilogram? Jawabannya dengan menimbangnya dengan timbangan yang ada. Pertanyaannya pun berbalik ke paragraf sebelumnya. Lalu, bagaimana berat 1 kg bermula? Bagaimana kita tahu timbangan kilogram di Jakarta dan di New York itu punya ukuran skala yang sama?

Penyataraan dan standardisasi kilogram sudah dianggap penting semenjak lama, apalagi di kalangan ilmuwan, alat ukur harus tetap, berlaku universal, dan konsisten nilainya di mana pun. Mereka tidak ingin kilogram bernasib ibarat pounds, yang mempunyai beberapa versi contohnya avoirdupois pound (=0,454 kg), London pound (0,467 kg), dan merchant pound (0,437 kg). Tidak adanya standardisasi di masa kemudian menyebabkan timbangan pounds bervariasi sedikit demi sedikit.

Standardisasi itu terlaksana pada sebuah artefak di Perancis yang dinamai International Prototype of the Kilogram (IPK). Artefak ini mempunyai ukuran sempurna 1 kilogram dan menjadi “sumber” pengukuran bagi beban dan timbangan di seluruh dunia. Secara kasar, IPK mempunyai 6 replika yang semuanya disimpan di BIPM, Paris. Selain itu, prototipe 1 kilogram disebar ke beberapa negara, termasuk Indonesia, yang beratnya diverifikasi secara berkala. [1]

Artefak ini mempunyai ukuran sempurna 1 kilogram dan menjadi “sumber” pengukuran bagi beban dan timbangan di seluruh dunia. Secara kasar, IPK mempunyai 6 replika yang semuanya disimpan di BIPM, Paris. Selain itu, prototipe 1 kilogram disebar ke beberapa negara, termasuk Indonesia, yang beratnya diverifikasi secara berkala.
Gambar 1. International Prototype of  the Kilogram (IPK), prototipe kilogram yang dipakai sebagai standar pengukuran kilogram di seluruh dunia, ditutupi berlapis pelindung supaya beratnya tidak berubah.
Sumber: voanews.com

IPK berbentuk silinder yang terbuat dari Platinum-Iridium dan ditempatkan di guci beling kedap udara. Dengan begini, berat IPK diperlukan tidak berubah sepanjang waktu. Namun, reaksi dengan udara dan peluruhan Platinum-Iridium tidak sanggup dicegah secara penuh, sehingga berat IPK tidak sanggup dijaga tetap sama persis.


Kebergantungan pada benda fisik memang tidak sanggup diandalkan. Seawet apapun materi yang dipakai niscaya akan berubah tergoda waktu. Ilmuwan mulai mencari cara mendefinisikan kilogram tanpa benda fisik, mengikuti satuan panjang dan waktu yang sudah mempunyai standar non-fisis.

Sampai risikonya ilmuwan dunia memutuskan definisi kilogram tanpa IPK atau prototipe fisik apapun melalui Konferensi Umum Berat dan Pengukuran ke-26 (26e Conference generale des poids et mesures, CGPM)[2] yang diadakan final 2018 lalu. Definisi ini melibatkan konstanta yang nilainya tetap di alam, yaitu konstanta Planck yang ditetapkan sebesar 6.62607015×10^−34. Definisi kilogram ini mengikuti definisi besaran mendasar fisis lain yang telah didefinisi tanpa prototipe fisik, yaitu meter dan detik.

Dari konstanta Planck yang ditetapkan, 1 kilogram dihitung dengan menghitung energi foton pada panjang gelombang tertentu. Energi yang didapatkan kemudian dikonversi menjadi massa melalui rumus ekivalensi energi momentum. [2]

Apa kau yakin timbangan kau mengatakan angka yang benar Definisi Kilogram Berubah
Gambar 2. Konstanta Planck

Dengan standar gres ini, umat insan tidak lagi bergantung pada satu prototipe kilogram. Apabila semua timbangan atau prototipe beban di dunia musnah, manusia sanggup menciptakan ukuran kilogram yang gres yang sama dengan ukuran sebelumnya.

Sumber:

[1] https://www.bipm.org/en/bipm/mass/ipk/

[2] Convocation of the General Conference on Weights and Measures. Versailles, 13-16 November 2018. https://www.bipm.org/utils/en/pdf/CGPM/Convocation-2018.pdf.

[3] https://sainspop.com

0 Response to "Definisi Satuan Kilogram (Kg) Resmi Berubah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel