Ads 720 x 90

Sifat, Kegunaan Dan Bahaya Dari Propilen Glikol


Sifat, Kegunaan dan Bahaya dari Propilen Glikol

Propilen glikol ialah komponen umum dalam aneka macam formulasi farmasi, kosmetik, produk kuliner dan juga mempunyai aneka macam aplikasi industri.  
Propilen glikol atau 1,2-propanadiol, ialah materi kimia yang tidak berwarna, hampir tidak berbau dan higroskopis. Disintesis dengan hidrasi propilena oksida. Larutan ini larut dengan air dan sanggup melarutkan banyak pewarna dan resin.

Sifat-sifat ini menimbulkan materi kimia ini sebagai pelarut yang efektif untuk aneka macam proses industri dan zat pelengkap yang berkhasiat dalam kosmetik, obat-obatan dan produk makanan. Namun, senyawa ini mempunyai efek sampingnya sendiri.


Bahaya Propilen Glikol

Menurut Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA), propilen glikol umumnya dianggap safe (GRAS), untuk dipakai sebagai aditif dalam kondisi tertentu. Namun, paparan di daerah kerja pada konsentrasi tinggi dan kontak yang usang dengan propilen glikol dalam jumlah rendah sanggup mengakibatkan tanda-tanda alergi ringan serta duduk kasus kesehatan yang parah.


Beberapa imbas samping dan risiko kesehatan ialah sebagai berikut:

Toksisitas oral sangat rendah, namun, sering menelan sanggup mengakibatkan mual dan muntah pada beberapa orang. Tertelan secara tidak sengaja di daerah kerja sanggup mengakibatkan kelainan sementara atau permanen pada fungsi jantung, hati dan ginjal.

Paparan kulit akhir pekerjaan terhadap materi kimia ini, sanggup mengakibatkan kulit gatal disertai dengan ruam. Mencuci area kulit yang terkena dengan air dan menyingkirkan materi kimia akan menunjukkan sumbangan pertolongan.Menghirup uap propilen glikol dalam waktu yang usang di daerah kerja sanggup mengakibatkan nyeri dada sementara dan ketidaknyamanan.

Propilen glikol dan produk gampang menguap lainnya yang ada di udara di rumah telah diidentifikasi sebagai faktor risiko asma dan duduk kasus pernapasan akut.Propilen glikol cair atau menguap sanggup mengakibatkan iritasi mata ringan dan juga sanggup mengakibatkan kemerahan dan nyeri. Dalam kasus menyerupai itu, mata harus segera dibilas higienis dengan air dingin.


Kegunaan Propilen Glikol

Propilen glikol ialah aditif dalam aneka macam produk kuliner menyerupai saus salad, es krim bebas lemak, warna makanan, popcorn, krim asam dan adonan kue.
 Kegunaan dan Bahaya dari Propilen Glikol Sifat, Kegunaan dan Bahaya dari Propilen Glikol




Propilen glikol Ini juga dipakai dalam barang-barang rumah tangga menyerupai pembersih, pewangi ruangan, perlengkapan mandi dan biro pembersih.





Senyawa ini juga dipakai sebagai biro pelunak dan pelembut dalam kosmetik dan obat-obatan.
 Kegunaan dan Bahaya dari Propilen Glikol Sifat, Kegunaan dan Bahaya dari Propilen Glikol

Bahan kimia ini juga menggantikan etilen glikol dalam sistem pendingin modern dan aplikasi antibeku. Selain itu senyawa ini dipakai sebagai pelarut dalam cat, tinta, rokok elektronik (untuk melarutkan nikotin), dan juga dipakai dalam sintesis aneka macam materi kimia.

 Kegunaan dan Bahaya dari Propilen Glikol Sifat, Kegunaan dan Bahaya dari Propilen Glikol

Produk yang mengandung propilen glikol sanggup mengakibatkan reaksi mata dan kulit yang ringan sedangkan paparan di daerah kerja yang akut sanggup mengakibatkan ancaman kesehatan yang parah. Reaksi alergi dan duduk kasus pernafasan mungkin merupakan hasil dari paparan akut pada orang atopik. Jika ada tanda-tanda alergi yang parah, sebaiknya segera berkonsultasi dengan ahli.

Sumber https://sainskimia.com

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter