Ads 720 x 90

Review Mata Kuliah Semester 1 Teknik Kimia UGM

Pada kali ini, aku akan membagikan sedikit ulasan tentang Mata Kuliah Semester 1 di Teknik Kimia, khususnya di UGM. Semester 1 adalah fasa transisi dari SMA ke Kuliah. Ulasan ini bersifat subjektif. Semoga dapat bermanfaat bagi pembaca.

teknik kimia ugm

  • Kimia Analisis dan Instrumentasi
Di matkul KAI ini nanti dibagi jadi dua. Sebelum UTS Kimia Analisis dan setelah UTS Kimia Instrumentasi. Kimia Analisis membahas tentang metode titrasi (volumetri, iodometri, permanganometri, bikromatometri, asidi-alkalimetri, argentometri) dan gravimetri. Sebenernya perhitungannya cukup sederhana. Yang ribet itu harus hafal dan paham reaksi-reaksinya. Sumber belajarnya: bisa pakai ppt dosen, atau kalo mau lebih bisa baca Vogel.
vogel
Vogel
Kimia Instrumentasi: Untuk menganalisis suatu sampel kimia, kita bisa menggunakan alat modern. Penting sih, buat basic karena penelitian biasanya pakai alat instrumen. Contohnya seperti Spektofotometer UV-Vis (untuk menentukan kandungan zat organik/anorganik dalam larutan dengan prinsip absorbsi gelombang elektromagnetik.), Atomic Absorption Spectophotometer / AAS ( mirip kayak UV-Vis, tapi kalo UV-Vis radiasi diserap oleh molekul, kalo AAS itu radiasi diserap oleh atom-atom bebas.), dan Fourier Transform Infra Red / FTIR ( untuk menganalisis zat organik/organik yang memilki ikatan kovalen.), Chromatography (GC, LC, GC-MS). Kalau ini hafalan aja, jadi selamat menghafal :D Untuk sumber belajar, menurutku cukup ppt dari dosen aja.
  • Kimia Umum
Kalau ini, materinya familiar bgt, soalnya mirip2 sama materi kimia SMA. Isinya tentang properti gas (gas ideal), energi dan perubahan kimia (energi potensial, konservasi energi, termokimia), termodinamika ( energi dalam, entalpi, entropi, energi gibbs), campuran pada tingkat molekular, kecepatan reaksi (laju reaksi) , dan kesetimbangan kimia. Untuk daftar belajarnya bisa dari ppt dosen, atau Brady. 

brady
Brady


  • Kimia Organik
Mata kuliah paling kimia banget. Di sini tujuannya untuk memahai struktur molekul dari senyawa organik, hubungan antara struktur molekul terhadap sifat makroskopisnya, dan berbagai kemungkinan sintesis senyawa kimia berbasis pada karakteristik gugus fungsional. Isinya sebelum UTS itu: ikatan dan struktur molekular, senyawa karbon (gugus fungsional, ikatan antarmolekular), tatanama dan konformasi, mekanisme reaksi organik (asam dan basa), reaksi ion (SN1, SN2, E1, dan E2), reaksi radikal, gugus fungsional (alkana, alkena, alkuna, alkohol, eter, aldehid, dan keton).

Untuk materi setelah UTS dan bahan UAS: senyawa-senyawa aromatik beserta reaksinya, reaksi alpha-carbon gugus karbonil, reaksi kondensasi dan adisi, asam karboksilat dan turunannya. Sumber belajarnya dari ppt dosen, namun saya merekomendasi untuk baca Solomon agar lebih paham.

solomon
Solomon
  • Matematika
Nama matkulnya aja matematika, tapi intinya adalah belajar kalkulus. Materi sebelum UTS itu turunan dan integral. Materi UAS itu persamaan differensial biasa, vektor, integral lipat tiga, dan matriks. Sumber belajarnya cukup dari ppt dosen, tapi kalau buat maba ambis sih biasanya masih melahap Schaum. Btw aku ga ambis.

schaum
Schaum

  • Fisika
Matkul yang biasanya jadi 'momok' buat maba, apalagi seperti aku yang masuk teknik kimia hanya karena bisa kimia. Materi sebelum UTS itu meliputi mekanika, hidrostatika, pemuaian, efek panas, dan gas. Latihan soalnya cukup banyak, pastikan jangan sampai belajar SKS (Sistem Kebut Sejam). Materi untuk UAS itu meliputi tekanan uap, tara kalor mekanis (konservasi energi), tegangan muka, listrik arus searah, listrik bolak-balik.
Halliday

  • Pancasila
Intinya sama seperti pelajaran Pancasila pada umumnya. Rajin-rajin aja perhatiin dosen, baca e-booknya, karena gaada kumpulan soalnya, jadi soal ujian tidak bisa ditebak gimana modelnya.
ristekdikti

  • Kewarganegaraan
Mata kuliah ini 11 12 dengan pendidikan Pancasila. Kewarganegaraan membimbing kita agar menjadi Warga Negara Indonesia yang baik dan benar. Rajin-rajin aja perhatiin dosen, baca e-booknya, karena gaada kumpulan soalnya, jadi soal ujian tidak bisa ditebak gimana modelnya.
RISTEKDIKTI


Sekian dan terima kasih. Apabila ada kritik dan saran, mohon berkomentar agar blog ini jadi lebih baik.

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter